KOLABORASI ANTAR LEMBAGA SURVEI IDENTIFIKASI POTENSI SUMBER DAYA DAN PERMASALAHAN

Pembangunan teknologi untuk masyarakat umum di desa, bukan sekedar memasang alat-alat canggih tetapi juga perlu diperhatikan dari segi sosialnya. Kementerian Sosial hadir untuk mendampingi masyarakat dalam pembentukan Desa Inovasi Berketahanan Sosial melalui kerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi.

Jum’at, 04 Desember 2020, Kementerian Sosial yang diwakili oleh Puspensos, Pulitbangkesos, dan BBPPKS Banjarmasin serta Kemristek yang diwakili oleh BRIN, telah melaksanakan survei awal identifikasi potensi sumber daya dan permasalahan di Desa Bingkulu, Kecamatan Bati-bati, Kabupaten Pelaihari, Kalimantan Selatan. Kegiatan survei awal tersebut dihadiri oleh kepala Dinas Sosial Tanah Laut, Camat, Kepala Desa, kapolsek, Penyuluh Sosial, tokoh masyarakat, serta kelompok masyarakat tani dan ternak.

Peran penyuluh sosial sangat vital dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat desa Bingkulu agar mereka mau bergotong royong untuk pemasangan dan pemeliharaan alat teknologi yang akan diberikan oleh BRIN sehingga penggunaannya efektif dan efisien guna kesejahteraan bersama. Alat tersebut berupa teknologi penghasil biogas dari kotoran sapi. Selain untuk memasak, Gas tersebut bisa digunakan petani jagung sebagai energi untuk mengurangi kadar air jagung sehingga jagung memiliki nilai jual lebih. Sementara itu, peternak sapi nantinya bisa mendapatkan keuntungan dari petani jagung dengan memperoleh pakan sapi dari limbah jagung.

——————–

#kemensosri
#kemensoshadir
#bbppksbanjarmasin

Follow juga :
@kemensosri
@badiklitpensos

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.